Responsive Banner design
Home » » Penggunaan DNS freedns.afraid.org untuk Blogspot

Penggunaan DNS freedns.afraid.org untuk Blogspot

Kali ini kami akan memberikan panduan bagaimana cara untuk menggunakan Free DNS untuk domain anda, sehingga dapat mengarahkan domain ke server tujuan seperti BLOGSPOT. Kasus biasanya digunakan pada domain lokal .ID yang mana tidak memiliki fitur FREE DNS Managemen pada panel domain .ID, oleh karena itu banyak yang menggunakan layanan Free DNS.
Kasus kali ini kami menggunakan sebuah domain lokal yakni .WEB.ID dan memakai layanan gratis dari FREEDNS.AFRAID.ORG yang berfungsi untuk mengatur DNS domain. Kemudian mengarahkan DNS ke blog Anda di BLOGSPOT. Berikut panduan sederhananya.
1. Pastikan anda sudah memiliki domain .WEB.ID atau domain dimana saja yang memang membutuhkan DNS Managemen.
2. Daftar di FREEDNS.AFFRAID.ORG URL: http://freedns.afraid.org
3. Buat Domain yang sudah anda miliki, seperti gambar dibawah ini, isikan nama domain Anda, misalkan domain.web.id pada bagian Domain, lalu klik Submit hingga akun domain terbuat dengan sukses.
4. Klik link Manage seperti gambar dibawah ini untuk mengatur setting akun domain Anda.
5. Akan tampak listing sebanyak 6 subdomains seperti gambar dibawah ini. Langkah selanjutnya anda lakukan beberapa settingan khusus agar domain bisa terpointing ke BLOGSPOT. Klik link [add] pada bagian atas di dekat contact owner untuk menambahkan subdomains baru.
6. Isikan data seperti gambar dibawah ini dengan settingan: Type: A dan Destination: 216.239.32.21, dan klik Save!, lakukan hal yang sama 2x untuk IP:216.239.36.21 dan 216.239.38.21
7. Klik link [add] lagi dan Isikan data untuk CNAME dengan memilih Type:CNAME, Subdomain: www, Destination: ghs.google.com dan klik Save!
Apabila anda menemukan error saat menginput CNAME seperti gambar dibawah ini, atau bertuliskan: You can’t mix CNAME/A records together using the same hostname. Maka yang Anda harus lakukan adalah jangan melakukan penambahan subdomain CNAME seperti diatas, namun mengedit subdomain yang sudah ada yakni yang www.domain.web.id dengan mengubah Type: A menjadi Type: CNAME.
Setelah proses setting DNS diatas maka biasanya akan menunggu propagasi domain ke BLOGSPOT antara 1×24 jam, bisa cepat bisa lambat, jadi harap bersabar.
Tahap akhir adalah mengubah nameserver pada domain .ID dengan tujuan nameserver seperti settingan berikut:
ns1.afraid.org
ns2.afraid.org
ns3.afraid.org
ns4.afraid.org
Sekian informasi panduan ini kami buat untuk Anda, agar dapat memahami serta memudahkan proses setting DNS untuk Domain .ID Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.